skip to Main Content
BERMAIN DAN BELAJAR

Kamu kok main terus? Belajar donk! Sudah mau ujian kan itu.

Kalimat diatas saya yakin sering kita ucapkan atau dengar di sekitar kita. Biasanya dilakukan ketika kita ingin mengingatkan seeorang yang keasyikan bermain untuk tidak lupa belajar.

Banyak orang yang menganggap bahwa bermain dan belajar adalah sesuatu yang berbeda sehingga harus dibedakan. Mereka kemudian memisahkan keduanya sehingga seakan2 tak ada hubungannya.

Padahal ketika bermain, sesungguhnya kita belajar dan ketika kita belajar, kita harus menikmati prosesnya layaknya sedang bermain.

Ambil contoh dari sebuah permainan game, selalu ada TUJUAN yang ingin dicapai, sperti mengalahkan monster dan memenangkan pertandingan. Dan untuk mencapai TUJUAN tadi, selalu ada rintangan yang harus kita lewati dan hadapi sama sperti kehidupan bukan?

Maka dari sebuah game, juga ada insight atau pembelajaran tentang kehidupan yang bisa kita ambil.
Baik bermain maupun belajar, kedua hal tersebut sama-sama berdampak terhadap perkembangan diri kita. Bermain akan membuat pikiran lebih tenang sehingga lebih mudah mendapatkan insight dari sebuah pembelajaran.

Belajar yang dikondisikan dengan suasana bermain juga akan membantu peserta menikmati proses pembelajaran. Itu sebabnya boardgame untuk training akhir2 ini makin banyak diciptakan.

Jadi, sudahkah kita bermain sembari belajar dan belajar sembari bermain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search