skip to Main Content
KEBERHASILAN Akibat KETEKUNAN Dalam TUJUAN

Tidak ada keberhasilan yang instan, karena yang ada hanyalah keberhasilan yang membutuhkan usaha dan ketekunan hingga akhirnya membentuk sebuah perkembangan. Harland Sanders awalnya memulai bisnis franchise Kentucky Fried Chicken (KFC) dari sebuah ruangan kecil, yaitu sebuah gudang di belakang bengkel mobil. Harland Sanders mengubah ruangan kecil menjadi sebuah rumah makan kecil yang menjual ayam goreng dan sayur segar.

Rumah makan Harland Sanders begitu terkenal. Saking terkenalnya, Sanders kemudian memutuskan Untuk membuka rumah makan lainnya. Kali ini, Harland Sanders tidak merasa kesulitan dalam membuka cabang baru dengan cara menutup sebuah pom bensin yang sudah tidak terpakai dan mengubahnya menjadi sebuah rumah makan yang ia beri nama “Café Sanders”.

Pada tahun 1930, usaha Harland Sanders semakin berkembang. Hingga akhirnya rumah makannya memiliki karyawan sebanyak 142 orang. Di momen tersebut kecintaan Sanders terhadap pengembangan dan pendidikan akhirnya terlihat. Sanders sangat bahagia mengikuti berbagai macam training sehingga akhirnya Harland Sanders mengikuti sebuah pelatihan tentang manajemen rumah makan dan hotel selama delapan minggu di Universitas Cornell. Pelatihan ini tidak hanya membahs tentang bagaimana mengelola sebuah rumah makan, melainkan juga dibahas tentang menu yang ada, salah satunya adalah bagaimana mengolah ayam goreng.

Harland Sanders sangat suka ayam goreng, hanya saja dia masih memakai cara klasik untuk mengolah ayam goreng tersebut, yaitu dengan memakai minyak yang tidak bisa menghasilkan rasa seperti yang diinginkannya. Pada tahun 1939, Harland Sanders menemukan cara jitu untuk menggoreng ayam. Salah satu hal yang membantu penemuan barunya tersebut adalah penemuan pressure cooker atau panci bertekanan yang dapat menghasilkan ayam lezat dan segar dalam waktu sepuluh detik dengan cara dikukus di atas uap.

Cara tersebut sangat baik sebab mampu menghilangkan rasa dan bau serta tidak menggunakan minyak. Setelah itu, setiap tahun, Harland Sanders selalu melakukan percobaan untuk ayam gorengnya hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu – bumbu yang dikenal dengan “Sebelas bumbu rahasia KFC.”

Dalam beberapa kesempatan, saya sering bertemu dengan orang-orang yang memiliki keinginan cukup besar. Dalam pengamatan saya terhadap mereka, tampak dengan jelas bahwa kebanyakan dari mereka sudah tahu apa sesungguhnya yang mereka inginkan dan TUJUAN dalam kehidupannya masing-masing.

Sayangnya, banyak diantara orang-orang ini kemudian menyerah di tengah jalan ketika menghadapi hambatan dalam proses menuju keberhasilannya tersebut. Mengapa demikian? karena ternyata selain membutuhkan usaha dan ketekunan, diri kita juga harus terus berkembang agar mampu meraih keberhasilan.

Karena usaha dan tekun saja tidaklah cukup. Dibutuhkan usaha dan ketekunan yang terarah dalam rangka mencapai apa yang menjadi TUJUAN kita. Bagamana caranya agar usaha dan ketekunan ini terarah? Dengan cara senantiasa membekali diri dengan ilmu dan pemahaman baru yang relevan dengan TUJUAN seperti yang kolonel Sanders lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search