skip to Main Content
KEJELASAN TUJUAN

A: Kok saya itu kayaknya nggak produktif terus ya setiap hari?

B: Apa yang membuatmu merasa seperti itu?

A: Ya setiap hari kerja keras terus tapi kayaknya hasilnya gitu-gitu aja.

B: Memangnya yang ingin kamu capai didalam pekerjaan apa?.

A: Apa ya? Ya saya kerja hanya untuk dapat gaji lah.

B: Berapa nominal gaji yang kamu harapkan di setahun atau 3 tahun ke depan?.

A: ……………

Saya merasa sudah tak terhitung banyaknya percakapan seperti diatas ini saya lakukan didalam sesi coaching ataupun training yang saya bawakan sehari-hari.

Keluhan yang sama memang sering saya dengar dari beberapa peserta training atau klien coaching yang saya pandu. Dan biasanya keluhan ini berujung pada pertanyaan yang saya ajukan seperti diatas.

Saya bukannya bermaksud membuat lawan bicara bingung maupun kesal. Melainkan saya hanya ingin membuat klien atau audiens saya memiliki tujuan jelas yang ingin dia capai.

Karena ketidakjelasan tujuan pada dasarnya kerap membuat diri kita terjebak pada kerisauan kehidupan. Sekilas memang tampaknya hidup kita tidak nyaman, namun kalau kita maknai kembali, ketidaknyamanan itu karena kita sendiri belum membuat standar kenyamanan kita.

Sama sperti perbincangan diatas. Karyawan ini merasa tidak produktif dan bekerja tanpa hasil. Namun dirinya sendiri belum memiliki tujuan yang akan menjadi tolak ukur produktivitas dan hasil kerjanya.

Padahal ketika kita sudah menentukan tujuan, itu akan mempermudah diri kita sendiri dalam membuat ukuran keberhasilan.

Contohnya adalah ketika kita ingin mendapatkan omzet penjualan 1m perbulan. Maka ukuran keberhasilan kita adalah omzet tadi. Kita jadi bisa menilai sudah seberapa dekat kita dalam mencapai omzet penjualan tadi dan langkah apa yg bs dilakukan untuk meningkatkan omzet menuju target kita sendiri

 

Jadi, sudahkah rekan-rekan memperjelas tujuan dalam kehidupan kita masing-masing? #goals #goalsetting #productivity #produktif #sharpenedGoals #coach #coachJakarta #CoachIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search