skip to Main Content
KESULITAN Untuk PERKEMBANGAN

Seorang pria menemukan sebuah kepompong kupu-kupu di sebuah tanaman yang ada di halaman rumahnya. Penasaran dengan kepompong ini, maka sang pria lalu mengamati perkembangannya dengan seksama. Suatu hari lubang kecil muncul, pria itu duduk dan mengamati kupu-kupu kecil yang muncul dari kepompong ini selama beberapa jam. Kupu-kupu kecil ini terlihat sedang berjuang untuk memaksa tubuhnya keluar melalui lubang kecil. Kemudian tampak kupu-kupu kecil ini berhenti bergerak dan tidak membuat kemajuan. Binatang itu tampaknya terjebak.

Sang pria memutuskan untuk membantu kupu-kupu ini. Dengan sepasang gunting pria itu memotong kepompong hingga salah satu ujungnya terbuka lebar. kupu-kupu kecil kemudian muncul dengan mudah. Tetapi ada sesuatu yang aneh. Kupu-kupu ini memiliki tubuh bengkak dan sayapnya mengkerut. Pria itu berharap kupu-kupu ini memiliki proporsi ukuran sayap yang benar. Tapi tidak ada yang berubah. Sayap kupu-kupu ini tetap sama seperti sebelumnya. Kupu-kupu ini akhirnya tidak pernah bisa terbang.

Sang pria tidak menyadari bahwa perjuangan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil dari kepompong adalah cara alami untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya sehingga kupu-kupu tersebut nantinya benar-benar siap untuk terbang. Artinya dari kesulitan yang dialami itulah sebenarnya kupu-kupu tersebut sedang mengalami proses pembelajaran untuk terus berkembang. Walau terkesan menyulitkan, namun proses inilah yang akan membuat kupu-kupu tersebut akhirnya dapat terbang.

Sama seperti yang sering kita alami dalam kehidupan kita. dalam beberapa kesempatan, kita akan melihat ada banyak kesulitan yang kita rasakan sehingga kita mengharapkan bantuan dari orang lain disekitar kita. namun yang harus kita sadari adalah ada kalanya kita harus memperjuangkan dan menghadapi kesulitan tersebut sendiri sehingga diri kita akan mampu mendapatkan perkembangan yang memang kita harapkan di masa depan.

Bukankah kesulitan dan permasalahan adalah syarat untuk sebuah perkembangan??

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search