skip to Main Content
MENYAMPAIKAN TUJUAN

Salah satu sesi yang bagi saya cukup menarik dalam proses pembelajaran dikelas training adalah pada saat aktivitas game dengan menggunakan alat peraga pembelajaran.

Ini adalah sesi dimana peserta bisa sangat fokus pada aktivitas mereka masing-masing sehingga kerap lupa waktu.

Ini adalah aktivitas dimana peserta bisa jadi sangat fokus untuk mengeluarkan kreativitas mereka dalam menyelesaikan problem atau tantangan yang diberikan.

Ini juga merupakan waktu dimana peserta terlibat sangat intensif didalam kelas sehingga mereka benar-benar mempraktekkan materi bahkan tanpa mereka sadari.

Di sesi ini juga biasanya saya melakukan eksplorasi terhadap peserta. Saya mempelajari bagaimana mereka mengeluarkan apa yang ada dalam diri mereka baik itu tenaga, pikiran dan waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan tugas yg diberikan.

Dari sini kemudian saya mengambil kesimpulan bahwa setiap orang pada dasarnya senantiasa menyukai tantangan. Ketika diberi peluang untuk menyelesaikan sesuatu yang besar di depan kita, maka kita cenderung fokus dan mengeluarkan upaya kita.

Lantas apa yang membuat orang menjadi tidak menyukai sebuah tantangan? Itu adalah ketika mereka tidak melihat manfaat dan tujuan dari tantangan tersebut bagi diri mereka.

Ya, manusia akan cenderung tidak menyukai sesuatu ketika mereka tidak bisa melihat tujuan akhir dari sesuatu dengan jelas. Krn ketika mereka mengejar sesuatu yang tidak jelas, akan mudah lelah pula diri mereka dan akan cenderung mudah mengeluh atas proses yang mereka jalankan. Tujuan akhir ini sering saya sebut sebagai goals.

Sama halnya dengan ketika kita meminta rekan kita untuk mengikuti kita ke suatu tempat namun kita tidak memberikan informasi tempat yang akan kita tuju. Bisa jadi rekan kita tadi akan bertanya-tanya dan mudah resah. Bisa jadi rekan kita akan khawatir sehingga berpikir ulang untuk mengikuti kita.

Maka, didalam aktivitas kita memberikan instruksi atau arahan kepada orang lain, pastikan kita menunjukkan goal atau tujuan akhir yang ingin kita capai. Hal ini penting untuk memastikan orang-orang disekitar kita melihat tujuan akhir tersebut dan bersedia terlibat dalam proses pencapaian tujuan tersebut

 

Ivandhana, LCPC

Personal Productivity Coach

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search