skip to Main Content
Motivasi BERPRESTASI

A : Kenapa aku sulit mendapatkan prestasi di perusahaan ini ya?

B : Maksudnya? Ya kamu harus kerja lebih semangat dong.

A : Sepertinya aktifitasku sehari-hari disini sudah mulai berjalan monoton. Susah untuk semangat.

B : Kok bisa gitu?

A : Karena aku merasa hari-hari yang aku lewati berjalan biasa saja dan tampak sama saja

B : Itu artinya sudah kamu memang sudah kehilangan motivasi untuk berprestasi karena kamu sudah tidak menemukan sesuatu yang ingin kamu capai disini. Dampaknya kamu jadi tidak mengeluarkan usaha yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan prestasi yang kamu inginkan

Teori “Motivasi Berprestasi” mengemukakan bahwa, manusia pada hakikatnya mempunyai kemampuan untuk berprestasi diatas kemampuan orang lain. Teori ini memiliki sebuah pandangan dan asumsi bahwa setiap orang akan mampu berprestasi dengan maksimal bila mereka menemukan motivasi yang kuat untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan didalam lingkungan pekerjaan. Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap memiliki motivasi untuk berprestasi jika ia mempunyai keinginan untuk membuat sebuah prestasi dan karya yang lebih baik dari prestasi atau karya orang lain.

Jika kita kembali pada konteks perbincangan yang terjadi antara kedua orang diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ketidakmampuan untuk berprestasi itu terkadang disebabkan karena hilangnya motivasi untuk mendapatkan sesuatu didalam pekerjaan yang dijalani sehari-hari. Setiap aktifitas pekerjaan yang dilakukan itu hanya demi rutinitas belaka tanpa ada maknanya untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Dampaknya, prestasi pun sulit didapatkan karena usaha yang dibutuhkan tak kunjung dikeluarkan.

Maka, ketika kita bekerja pastikan kita senantiasa memiliki sesuatu yang ingin kita capai sehingga diri kita tidak terjebak pada rutinitas sehari-hari. Memiliki sesuatu yang ingin kita capai dalam pekerjaan juga akan membuat kita memiliki motivasi lebih untuk berprestasi dibanding orang lain disekitar kita. Hal ini akan membuat kita bersedia mengeluarkan usaha lebih sehingga akhirnya kita bisa mendapatkan prestasi yang kita harapkan didalam lingkungan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search