skip to Main Content
PENTINGKAH KOMUNITAS?

Pada saat usia saya sekitar 15 tahun, ayah saya pernah menyampaikan pada saya mengenai pentingnya berkomunitas. Beliau menyampaikan bahwa siapa kita akan ditentukan oleh lingkungan yang paling sering kontak dengan diri kita.

Lantas saya bertanya kepada beliau, apa itu artinya kita harus membeda-bedakan teman?.

Beliau menyampaikan bahwa bukan seperti itu. Memilih lingkungan bukan berarti kita memilih-milih teman. Karena kita harus berteman dengan siapa saja. Namun ini lebih bermakna bahwa kita harus menghabiskan waktu kita lebih banyak dengan berada di lingkungan yang mendukung perkembangan diri kita.

Ini jugalah hal yang membuat saya senantiasa berbahagia bisa berkumpul bersama beberapa komunitas yang positif yang saya ikuti dan juga para coach dari @transformia.id yang walaupun terdiri dari beragam latar belakang dan usia, namun tetap saling support untuk bertumbuh dan keceriaan yang ada. Mereka tak hanya memberikan, melainkan mereka juga tak segan memberikan kritik yang mendukung perkembangan kita.

Coba bayangkan bila setiap harinya, kita berada di lingkungan yang senantiasa mengingatkan diri kita untuk terus belajar dan bertumbuh. Inilah salah satu pertanda kita hidup produktif karena setiap hal yang kita lakukan akan menimbulkan hasil positif di masa depan.

Jadi, sudahkah rekan-rekan menentukan lingkungan perkembangan yang tepat untuk mendukung potensi kita? Sudahkah kita mengalokasikan waktu yang tepat untuk itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search