skip to Main Content
THINK IN ANOTHER BOX

Pernahkah kita merasa mentok dan kesulitan mengeluarkan ide yang kita miliki? Hal ini membuat kita kehabisan akal dan mengalami kesulitan untuk menghasilkan solusi.

Disinilah kita perlu berpikir di kotak lain. Kenapa kita harus berpikir di kotak lain? Bukankah istilah berpikir di luar kotak (think out of the box) jauh lebih familiar?

Berpikir di kotak lain bagi saya bermakna kita dipaksa untuk melihat dari frame yang berbeda. Bukan justru keluar frame yang bisa jadi membuat solusi yang kita buat tidak relevan dengan kebutuhan.

Melihat dari kotak atau sudut pandang yang berbeda juga berarti kita harus melihat sebuah masalah dari sisi yang berbeda untuk mampu menemukan solusinya.

Sama halnya dengan sesi diskusi saya bersama pak Hasnul Suhaimi (former CEO XL Axiata) beberapa waktu lalu. Dari beliau, saya banyak belajar bahwa tidak harus menggunakan sudut pandang dan cara kerja kita untuk menyelesaikan permasalahan. Bisa jadi solusinya akan muncul ketika kita melihat dari sisi lain.

Pertanyaannya adalah, sudahkah kita melihat dari sisi yang berbeda untuk menyelesaikan sebuah masalah? Atau jangan-jangan ego pribadi justru menghambat kita untuk melihat dari sisi yang berbeda. Ego pribadi bahwa kita lebih baik, lebih pengalaman, sudah cukup berhasil dan ego lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search