skip to Main Content
TUJUAN PENENTU KEBERHASILAN

Sejak dulu, saya termasuk pribadi yang suka membaca buku. Bagi saya, buku adalah salah satu media penting yang dapat membuka cakrawala kita untuk menghadapi masa depan. Melalui buku, kita bisa mengetahui banyak hal tanpa perlu mengalaminya secara langsung. Walaupun saya harus mengakui bahwa konsisten membaca buku tidaklah mudah. Godaan, tantangan dan hambatan kerap saya alami sehingga akhirnya buku-buku tersebut tak kunjung selesai saya baca akibat padatnya agenda yang harus saya jalani.

Untuk menambah semangat saya pribadi dalam membaca buku, maka saya pun kerap membuat goals pribadi. Goals saya ini adalah saya suatu saat nanti harus bisa bertemu para penulis buku terkemuka yang sudah pernah saya baca. Bagi saya, bisa bertemu dengan penulis buku-buku yang menjadi rujukan dan sumber ilmu bagi banyak orang adalah hal yang luar biasa sekaligus kesempatan yang langka untuk didapatkan.

Salah tokoh yang saya kagumi adalah sosok disamping saya ini yaitu Michael Hall yang merupakan Bapak dari Neuro Semantics sekaligus co-foundernya. Saya ingat 3 tahun yang lalu saya sempat membaca buku beliau dan mensetting tujuan agar suatu saat nanti bisa bertemu dan mendapatkan sharing langsung dari beliau. Dan tujuan saya tadi benar-benar saya capai hari ini. Mendapatkan insight yang “fresh” dan “original” dari pencipta ilmunya bagi saya adalah sesuatu yang luar biasa. Walaupun sesinya terasa singkat, namun isinya sangat berbobot dan menjawab banyak pertanyaan saya tentang Neuro Semantics. Hari ini, satu tujuan hidup saya untuk kenal lebih dekat dengan neuro semantics pun kembali terwujud.

Mensetting tujuan memang membuat kita jauh lebih cepat untuk mencapai apa yang kita inginkan. Itu sebabnya salah satu prinsip sharpened goals yang saya rancang adalah “Tujuan adalah separuh kesuksesan”. Dengan mensetting tujuan, sebenarnya kita sudah setengah jalan menuju keberhasilan kita. Ini bukan sulap dan bukan sihir dan bukan juga sesuatu yang berbau mistis, karena pada dasarnya ini sangatlah logis.

Memiliki tujuan yang tajam dan terasah akan membuat tujuan kita tercapai karena dengan mensetting tujuan tersebut, tanpa disadari kita akan mengarahkan segenap sumber daya yang kita miliki untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika tujuan sudah jelas, maka langkah yang perlu diambil dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapainya pun cenderung lebih tergambar. Ini akan membuat kita lebih mudah mengalokasikan energi, tenaga dan sumber daya untuk mencapainya ketimbang mereka yang belum memiliki tujuan.

 

Ivandhana, LCPC
Personal Productivity Coach
www.ivandhana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search