skip to Main Content
TUJUAN SEBAGAI LANDASAN

Pagi saya hari ini dimulai dengan membaca pesan dari istri mengenai asisten di bisnisnya yang tiba-tiba pergi. Dengan hanya bermodal pamit via pesan singkat, asisten istri saya ini mendadak pergi ke kampungnya dengan alasan keluarga yang tidak pernah diungkapkannya sebelumnya. Sang asisten ini memang baru beberapa bulan bekerja di salah satu bisnis yang istri saya kelola saat ini. Namun bagi kami, dia sudah seperti keluarga sendiri. Layaknya anggota keluarga, kami pun selalu berupaya mengembangkan potensi dan dirinya didalam setiap proses yang dia kerjakan. Bukankah setiap anggota tim dari bisnis yang kita kelola saat ini pada dasarnya adalah keluarga kita sendiri? Jadi, sebenarnya kami berharap nantinya karyawan ini bisa belajar banyak dari bisnis kami sehingga mampu mengelola bisnis yang lebih besar di kemudian hari.

Bagi saya sendiri, kabar perginya sang karyawan ini memang sempat membuat saya melakukan refleksi sejenak. Bisa jadi ada sesuatu yang salah dari pola pengelolaan karyawan kami saat ini. Maka, saya pun coba berpikir singkat dengan adanya situasi ini. Benefit yang di sesuaikan bertahap sesuai kinerja, tempat tinggal, dan program pengembangan diri sudah saya siapkan. Karyawan pun saya berikan kesempatan untuk mengembangkan passionnya secara bertahap. Lantas dimanakah yang kurang pas? Keberadaan tujuan hidup atau goals yang jelas tampaknya bisa menjadi salah satu pemicunya.

Dari pengamatan sekilas saya, Ketiadaan goals dan tujuan hidup didalam dirinya akhirnya membuatnya mudah risau didalam setiap keputusan kehidupannya. Kekhawatiran akan salah jalan, membuatnya senantiasa merasakan keresahan sepanjang harinya. Padahal dia bukannya akan salah jalan, melainkan memang belum tau jalan mana yang akan dia tuju dan kemana dia akan melangkah. Hal inilah yang membuat setiap langkah yang akan dipilih terasa membingungkan dan menakutkan.

Rasa takut ini memang bisa jadi akan membuat kita tidak mampu mengambil keputusan dalam hidup kita. Sialnya lagi hal ini kemudian akan membuat kita terpaksa menggantungkan diri pada orang lain. Kita pun akhirnya akan terlalu mudah mengikuti arahan orang lain tanpa tau apakah arahan tersebut akan bermanfaat atau justru akan menyusahkan kita di kemudian hari.

Jadi memiliki tujuan hidup atau goals yang ingin kita capai itu menjadi penting sebagai landasan dalam menjalani setiap hari kita. Karena tanpa goals yang jelas, kita akan hidup dalam kekhawatiran akan salah yang akhirnya membuat kita terlalu mudah mengikuti orang lain yang belum tentu sesuai dengan kehidupn kita. #learn #grow #improve #goal #goalsetting #training #trainer #transformia #transformasiInsanMulia #coach #productivityCoach

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search